Sekilas AMERA

Eksistensi pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan di kampus, baik dalam bidang akademis maupun non-akademis, tidak dapat terlepas dari keberadaan organisasi kelembagaan formal sebagai pelaksana aktivitasnya. Keberadaan organisasi tersebut perlu mendapat perhatian dan pengakuan penuh dari mahasiswa dan pihak Jurusan agar dalam pelaksanaan kegiatannya mendapat dukungan dari seluruh elemen kemahasiswaan.

Berawal dari suatu kebutuhan untuk menampung minat, ide dan bakat mahasiswa dalam bidang konstruksi jembatan timbul suatu pemikiran untuk membentuk wadah baru di tingkat jurusan, dengan tujuan utama sebagai sarana pembekalan dan pembinaan guna mempersiapkan diri mengikuti kompetisi-kompetisi Jembatan skala regional, nasional dan internasional. Khususnya menanggapi keberadaan “Kompetisi Jembatan Indonesia” yang merupakan even terbesar dalam bidang rekayasa Teknik Sipil yang ada di Indonesia sehingga dirasa perlu membentuk suatu lembaga independen yang secara khusus menangani, memfasilitasi dan mengkoordinir segala persiapan Kontingen Universitas Brawijaya untuk menghadapi Kompetisi tersebut.

Dari pertimbangan akan kebutuhan tersebut yang dimaterialkan ide-ide dan gagasan yang ada maka dibentuklah suatu organisasi yang diberi nama “AMERA BRIDGE CLUB” pada tanggal 1 September 2008

Seiring perkembangan kompetisi terkait teknik sipil, maka AMERA BRIGE CLUB juga mau tidak mau harus berkembang agar tidak tertinggal dari jurusan teknik sipil di universitas lainnya. sehingga saat ini AMERA tidak hanya memfasilitasi dan mengkoordinir segala persiapan Kontingen Jembatan Universitas Brawijaya untuk menghadapi KJI, namun juga Bangunan Gedung untuk menghadapi KBGI dan beberapa lomba ketekniksipilan lainnya.